Top 10 Pedang Tertajam di Dunia

Top 10 Pedang Tertajam di Dunia - pada zaman dahulu pedang sering kali digunakan sebagai senjata perang. Pedang diperkitakan muncul pada masa perunggu. dan pedang yang terbuat dari tembaga ditemukan pada situs Harappa di Pakistan. kemudian pada abad pertengahan, pedang mulai dibuat dari bahan baja maupun besi. berikut ini 10 pedang yang tertajam :

1. Zulfikar


Zulfikar adalah sebuah pedang kuno yang dimiliki oleh syaidina Ali yang merupakan sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Beliau memerintah kekhalifahan Islam pada tahun 656-661 M. dan pada beberapa catatan sejarah, Nabi Muhammad SAW memberikan sebuah pedang Zulfikar kepada syaidina Ali saat Pertempuran Uhud.

Zulfikar adalah sebuah pedang yang mengacu pada pedang Asia Barat atau Asia Selatan dengan mata pisau yang melengkung. dan Dikatakan bahwa pedang Syaidina Ali adalah pedang yang digunakan pada Perang Parit, yang merupakan upaya pengepungan Madinah. pada masa pertempuran, Nabi Muhammad SAW, Syaidina Ali, dan pembela Islam membangun parit untuk melindungi Madinah terhadap serangan kavaleri konfederasi yang jauh lebih besar.

Beberapa pakar ada yang bertentangan mengenai bentuk dari pedang ini. Beberapa dari mereka yang menggambarkan senjata itu memiliki dua bilah yang paralel, yang menekankan kemampuan mistis dan juga kecepatan, dan sementara yang lain menggambarkan Zulfikar bagai pedang tradisional. namun ada Beberapa gambar sejarah yang menggambarkan pedang seperti split, dan pisau yang berbentuk V. Pedang ini bertahan sampai hari ini yang disimpan dalam kepemilikan Imam Muhammad al-Mahdi. Dan senjata ini juga merupakan bagian dari koleksi yang sangat terkenal yang disebut dengan al-Jafr.

Al-Jafr merupakan sebuah buku suci Syiah yang terdiri dari dua kotak kulit yang berisikan artefak yang paling penting dari masa Nabi Muhammad SAW dan Syaidina Ali. adapun Koleksi ini telah diturunkan dari generasi ke generasi, dengan masing-masing Imam baru menerima koleksi ini dari pendahulunya. Adapun Isi Al -Jafr sangatlah mengesankan, akan tetapi koleksi ini tidak untuk diperlihatkan ke publik. dan Salah satu bagian dari buku ini adalah menggambarkan aturan Islam, arahan, dan hal-hal terkait perang, dan juga termasuk tas yang berisikan baju besi dan senjata Nabi Muhammad SAW.

2. Joyeuse


Charlemagne merupakan seorang pria yang lahir pada tahun 742 M. Dia adalah salah satu penguasa yang terbesar dalam sejarah dunia dan merupakan Raja kaum Frank pada tahun 768 M. kemudian Pada 800 M dia diangkat menjadi Kaisar Roma, ini adalah posisi yang dipegangnya selama sisa hidupnya. dan Dalam Kekaisaran Suci Romawi dia juga dikenal sebagai Charles I dan dia juga merupakan Kaisar Romawi Suci pertama. Joyeuse adalah nama pedang pribadi Charlemagne dan sampai Saat ini, ada dua pedang yang dikaitkan dengan Joyeuse. yang pertama adalah pedang yang disimpan di Schatzkammer Weltliche sebuah museum yang berada di kota wina, adapun yang lain ditempatkan di kota Louvre, Perancis. mata Pisaunya yang dipajang di Louvre dinyatakan bahwa sebagian dibuat dari pedang asli Charlemagne. Pedang ini terbuat dari bagian-bagian yang berasal dari abad yang berbeda, sehingga ini menjadikan sangat sulit untuk mengidentifikasi senjata itu sebagai Joyeuse. Pada Gagang pedang menunjukkan tanggal pembuatan yaitu sekitar waktu Charlemagne. pahatan emas dibuat dalam dua bagian dan pernah dihiasi dengan berlian.

Pedang Charlemagne muncul pada berbagai legenda dan dokumen sejarah. pada Bulfinch’s Mitologi menjelaskan Charlemagne menggunakan Joyeuse untuk memenggal kepala komandan Saracen Corsuble dan juga ksatria temannya Ogier Dane. dan Setelah kematian Charlemagne, pedang itu dimiliki oleh Basilika Saint Denis yang kemudian dibawa ke Louvre setelah dilakukan prosesi Coronation kepada raja-raja Perancis.

3. Honjo Masamune


Masamune adalah seorang Pandai Pedang Jepang yang diakui sebagai salah satu ahli metalurgi yang terbesar di dunia. adapun Tanggal yang akurat untuk masa hidup Masamune tidak diketahui sampai saat ini, akan tetapi diyakini bahwa dia bekerja antara tahun 1288-1328 M. adapun senjata Masamune telah mendapatkan status legendaris selama beberapa abad. dan Dia menciptakan pedang yang dikenal sebagai tachi dan belati yang disebut tant. adapun pedang Masamune ini memiliki reputasi sangat kuat, unggul juga berkualitas. Dia sangat jarang menandatangani hasil karya-karya yang dibuatnya, sehingga sangat sulit untuk mengidentifikasi semua senjata buatannya.

Yang paling terkenal dari semua pedang Masamune adalah pedang yang bernama Honjo Masamune. dan Pedang Honjo Masamune ini sangat penting karena mewakili kharisma shogun selama periode Edo yang berada Jepang. setelah itu Pedang ini diwariskan dari satu Shogun ke Shogun berikutnya selama beberapa generasi. setelah itu pada tahun 1939, pedang ini dinyatakan sebagai harta karun nasional Jepang, akan tetapi pedang ini tetap milik keluarga Tokugawa. dan adapun pemilik yang terakhir dari pedang Honjo Masamune adalah Tokugawa Iemasa. akan tetapi Tokugawa Iemasa memberikan senjata dan juga 14 pedang lainnya ke kantor polisi di Mejiro,Jepang itu pada bulan Desember tahun 1945.

Tak lama kemudian pada bulan Januari tahun 1946 M, dan kemudian polisi Mejiro memberikan pedang ini untuk Sgt. Bimore Coldy (US 7th Cavalry). dan sejak saat itu, Honjo Masamune  hilang dan keberadaan pedang ini tetap menjadi misteri. adapun Honjo Masamune adalah salah satu artefak sejarah yang paling penting yang menghilang pada akhir Perang Dunia II.

4. Sword of Mercy


Pedang Mercy adalah senjata yang terkenal dan dulunya adalah milik Edward Confessor. adapun Edward Confessor adalah salah satu raja Anglo - Saxon yang terakhir di Inggris sebelum terjadinya Penaklukan Norman pada tahun 1066. dia memerintah pada tahun 1042-1066 dan pemerintahannya telah ditandai oleh runtuhnya kekuasaan kerajaan-kerajaan Inggris. dan Tak lama setelah kematian Edward Confessor, para Normandia mulai melakukan perluasan wilayah ke Inggris, dan dipimpin oleh William sang Penakluk. Adapun Pedang Mercy mempunyai pisau patah yang pendek dan persegi. Pada tahun 1236 M, senjata itu di berikan nama dengan curtana dan sejak itu digunakan untuk upacara kerajaan ini.

Pedang Mercy merupakan bagian permata dari Mahkota Kerajaan Inggris dan juga merupakan salah satu dari lima pedang yang digunakan untuk penobatan raja Inggris. adapun Senjata ini merupakan senjata yang sangat langka dan salah satu pedang yang tersisa dari masa pemerintahan Oliver Cromwell. dan Selama penobatan ksatria Inggris, Pedang Mercy adalah pedang yang dipegang oleh raja untuk menyematkankan kehormatan kepada ksatria.

5. Napoleon Sword


Pada musim panas tahun 2007 lalu, sebuah pedang yang bertahtakan emas yang yang dulu milik Napoleon dilelang di negara Perancis dengan harga lebih dari $ 6.400.000 dolar. Pedang inilah yang digunakan oleh Napoleon dalam banyak pertempuran. Pada awal tahun 1800-an, Napoleon memberikan senjata ini kepada saudaranya untuk hadiah pernikahan. dan akhirnya pedang itu diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. dan pedang ini tidak pernah berada ditempat lain selain keluarga Bonaparte. akhitnya Pada tahun 1978, pedang ini dinyatakan sebagai harta nasional di Perancis, akan tetapi pemenang lelang tidak diketahui identitasnya.

6. Tizona


Padang tertajam di dunia selanjutnya, El Cid adalah aset raja kastilia, spanyol yang paling berharga dalam peperangan melawan bangsa Moor. dan Dia adalah seorang ahli strategi militer yang terampil dan juga ahli pedang yang kuat.

El Cid memiliki banyak pedang, tetapi dua yang paling terkenal adalah pedang Tizona dan Colada. Tizona adalah sebuah pedang yang digunakan oleh El Cid untuk berperang melawan bangsa Moor. dan Senjata ini merupakan salah satu peninggalan yang sangat dihargai di Spanyol dan pedang ini juga diyakini telah ditempa di Cordoba, Spanyol, meskipun mata pedangnya terbuat dari baja Damaskus. Tizona memiliki panjang 103 cm / 40.5 inci dan juga berat 1,1 kg / 2.4 pound. pedang ini terdapat 2 tulisan yang terpisah, 1 merupakan tanggal pembuatan 1002 dan yang lainnya adalah kutipan doa Katolik Ave Maria. pedang Tizona saat ini dipajang di museum Museo de Burgos di Spanyol.

7. Wallace Sword


Pedang William Wallace terdapat di Monumen Nasional di Stirling, Skotlandia. pada Batang pedang ini mempunyai panjang 132 cm dan meiliki berat 2,7 kg. Adapula yang mengatakan bahwa pedang ini adalah senjata yang digunakan oleh Wallace pada Pertempuran Stirling Bridge pada tahun 1297 dan juga Pertempuran Falkirk tahun 1298. pedang ini Terbuat dari besi berlapis emas dan pegangannya yang dibungkus dengan kulit coklat berwarna gelap dan gagang pedang ini bukanlah gagang yang asli.

Setelah pelaksanaan William Wallac, yakni gubernur Dumbarton Castle yaitu Sir John de Menteith menerima pedangn ini yang kemudian Pada tahun 1505 Raja James IV yang berasal dari Skotlandia dengan membayar 26 shilling untuk dapat memiliki pedang binned dengan tali sutra. tetapi pedang ini sudah mengalami banyak perubahan mulai dari sarung pedang asli, gagang serta sabuk yang disebut dibuat dari kulit kering seorang komandan tentara Inggris, yang bernama Hugh Cressingham.

8. Seven-Branched Sword


Senjata besi ini mempunyai panjang 74,9 cm dan memiliki enam tonjolan cabang  sepanjang 65,5 cm. dan Pedang ini dibuat untuk keperluan upacara dan memang tidak buat untuk pertempuran. kemudian pada tahun 1870 M ada seorang pendeta Shinto yang bernama Masatomo Kan menemukan dua tulisan yang terdapat di Pedang Tujuh cabang ini. pedang ini terbuat dari baja yang dikeraskan sebanyak 100 kali. dan yang Menggunakan pedang 100 tentara musuh. Pedang Tujuh-cabang saat ini disimpan di Kuil Isonokami di Prefektur Nara Jepang, dan pedang ini juga tidak dipamerkan ke publik.

9. Curved Saber of San Martin


San Martín adalah seorang pahlawan Amerika Selatan dan salah seorang Pelindung Peru. dan akhirnya kemerdekaan Peru secara resmi dideklarasikan pada tanggal 28 Juli 1821 dibawah kepemimpinan San Martín.

Salah satu harta yang paling dihargai José de San Martín adalah pedang melengkung yang dia beli di London. adapun San Martín sangat mengagumi mata pisau pedang yang melengkung dan dia juga merasakan bahwa senjata itu dapat bermanuver dan sesuai untuk pertempuran. karena itu, dia mempersenjatai pasukan kavalerinya granaderos dengan senjata ini, dengan harapan untuk meningkatkan serangan. dan Pedang melengkung ini selalu digunakan oleh San Martín hingga kematiannya yang kemudian diberikan ke Jenderal Argentina, yaitu Don Juan Manuel de Rosas. Pada tahun 1896 senjata itu dikirimkan ke Museum Sejarah Nasional di Buenos Aires, argentina dan masih ada sampai hari ini.

10. Tomoyuki Yamashita’s Sword


Tomoyuki Yamashita merupakan seorang jenderal Angkatan Darat Kekaisaran Jepang saat berlangsung Perang Dunia II. Dia terkenal setelah mampu menaklukkan koloni Inggris yang berada di Singapura dan Malaya, sehingga dia mendapat julukan sebagai Harimau Malaya.

Selama berkecimpung di dunia militer, Tomoyuki Yamashita mempunyai sebuah pedang pribadi yang dibuat oleh pembuat pedang yang terkenal, yaitu Fujiwara Kanenaga antara tahun 1640 dan 1680. Dan senjata ini pegangannya dibuat ulang pada awal tahun 1900-an. pada tanggal 2 September 1945, Pedang Samurai ini diserahkan oleh Jenderal Yamashita beserta pasukannya, dan pedang ini diambil oleh Jenderal Mac Arthur yang kemudian diberikan kepada Museum West Point Military  yang masih ada sampai saat ini. (Simak: Tempat Terangker di Dunia)


Tag : di dunia, lain
1 Komentar untuk "Top 10 Pedang Tertajam di Dunia"

Penjelasannya terasa kurang detail

Back To Top