Top 5 Agama Tertua di Dunia

Top 5 agama Tertua di Dunia - Agama merupakan salah sahal yang sensitif dan merupakan privasi bagi setiap orang di muka bumi ini. Agama sendiri merupakan salah satu media penghubung antara manusia dengan tuhannya, Di seluruh dunia sendiri diperkirakan terdapat lebih dari 4.200 agama. Agama sendiri tebagi lagi menjadi dua, yaitu Agama Bumi dan Agama langit. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tertua yang tercipta di belahan dunia pada tulisan di bawah ini.

1. Shinto - Jepang


Agama ini awalnya adalah perpaduan antara faham serba jiwa (animisme) dengan pemujaan terhadap gejala-gejala alam. Pada masa Restorasi Meiji hingga perang dunia II, Agama ini adalah agama resmi dijepang. diperkirakan Agama Shinto ini memiliki penganut 27 - 65 juta orang di dunia.


2. Kristen

Agama ini lahir antara tahun 6 - 4 Sebelum Masehi dan merupakan kepercayaan monoteistik yang berdasar pada aspek ajaran, hidup, sengsara, wafat, dan kebangkitan yesus menurut perjanjian baru. Yesus Kristus diyakini adalah Tuhan serta Mesias yang diramalkan dalam Perjanjian Lama, juruselamat bagi seluruh umat manusia, yang akan menebus manusia dari dosa. Kepercayaan ini sendiri memiliki banyak penganut yaitu sekitar 2,1 milyar orang di dunia.


3. Yahudi

Agama tertua di dunia selanjutnya ini diperkirakan lahir pada tahun 992 Sebelum Masehi. Pokok dari kepercayaan ini adalah wujud Tuhan Yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa israel dari penindasaan Mesir. Yahudi sendiri memiliki kurang lebih 18 juta pengikut yang sebagian besar berada di Israel.


4. Budha

Agama ini di proklamirkan oleh Siddharta Gautama pada tahun 2600 Sebelum Masehi. Budha sendiri merupakan gelar bagi individu yang menyadari potensi mereka secara penuh untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Merupakan salah satu agama yang tertua dan juga pengikut yang cukup besar, diseluruh Dunia ada sekitar 500 juta penganut agama Budha.


5. Hindu

Merupakan agama yang berasal dari anak benua India. Merupakan agama tertua dan masih bertahan hingga saat ini yang merupakan kelanjutan dari Agama Eda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan dari bangsa Indo-Iran (Arya). Hingga saat ini, penganut Agama Hindu tercatat sekitar 1 milyar orang tersebar di seluruh dunia.(Lihat: 10 Tempat Paling Misterius di Dunia)


Tag : di dunia, lain
0 Komentar untuk "Top 5 Agama Tertua di Dunia"

Back To Top