Top 10 Masjid Terbesar di Dunia


Top 10 Masjid Terbesar di Dunia - Jika anda seorang Muslim, tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah Masjid. Ya Masjid adalah salah satu tempat melaksanakan Ibadah bagi umat muslim. Masjidil Haram sebagai salah satu Masjid yang berada di Arab Saudi dan sekaligus menjadi Masjid Terbesar di dunia. Namun tahukah anda, bahwa di Dunia ini ada beberapa bangunan Masjid yang memiliki arsitektur bangunan yang sangat besar. Masjid apa saja yang masuk ke dalam daftar 10 Masjid Terbesar di Dunia, simaklah Informasinya di bawah ini.



  • 1. Masjidil Haram – Arab Saudi
    Masjidil Haram di klaim sebagai Masjid Terbesar di peringkat pertama di Dunia. Sebuah Masjid yang sudah sangat terkenal bagi kaum muslim sampai kepenjuru dunia. Di tengah-tengah Masjid terdapat bangunan Ka'bah, dan Ka'bah merupakan Kiblat bagi umat muslim. Masjid Haram memiliki luas sekitar 4.008.020 meter persegi dan dapat menampung hingga 4 juta jemaah. Pada musim Haji, Masjidil Haram ini akan dipenuhi oleh umat muslim dari penjuru dunia untuk melaksanakan Ibadah Rukun Islam yakni Pergi Haji. Masjidil Haram ini tidak pernah sepi, selalu saja ada Umat Muslim yang melakukan ibadah baik itu Shalat, Tawaf dan ibadah lainnya.


  • 2. Masjid Nabawi – Arab Saudi
    Masjid terbesar di peringkat kedua adalah Masjid Nabawi. Masjid yang berada tepatnya di kota Madinah ini mempunyai saksi sejarah besar bagi kaum muslim. Di Masjid ini dimana baginda Nabi Muhammad SAW di makamkan. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Nabawi ini juga mempunyai fungsi sebagai pengadilan, pendidikan, sekolah dan kegiatan masyarakat lainnya. Pada musim haji, Masjid Nabawi ini juga di penuhi oleh Jemaah Haji dari penjuru dunia. Masjid Nabawi ini dapat menampung sekitar satu juta jemaah haji pada musim haji. 


  • 3. Masjid Muhammad Ali Pasha – Mesir
    Masjid terbesar di peringkat selanjutnya adalah Masjid Muhammad Ali Pasha. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1830 dan 1848 ini mempunyai arsitektur bangunan masjid yang unik dan indah. Nama untuk Masjid ini mempunyai makna sebagai penghormatan bagi putra tertua Muhammad Ali Pasha yakni Tusun Pasha, yang dulu pada tahun 1816 yang telah meninggal. 


  • 4. Masjid Istiqlal – Indonesia
    Masjid terbesar di peringkat keempat adalah Masjid Istiqlal. Dalam bahasa Arab Istiqlal sendiri mempunyai arti Kemerdekaan. Jadi tujuan dibangunnya Masjid Istiqlal ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang di berikan untuk Bangsa Indonesia. Masjid Istiqlal ini tepat berada di Ibukota Negara Indonesia yakni Jakarta. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat yang dilaksanakan di Masjid ini.


  • 5. Masjid Hassan II – Maroko
    Masjid terbesar di dunia peringkat selanjutnya adalah Masjid Hassan II. Masjid yang terletak di kota casablanca Maroko ini memiliki rancangan arsitektur bangunan yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Masjid Hassan II ini dirancang oleh Arsitek terkenal asal Prancis yakni Michel Pinseau. Berdiri tepat menghadap kearah Samudera Atlantik. Hal Unik dari Masjid Hasan II ini adalah dimana pada Masjid ini memiliki Menara setinggi 210 meter. Dan banyak yang menilai bahwa menara pada Masjid Hasaan II ini adalah Menara Masjid tertinggi di dunia. 


  • 6. Masjid Faisal – Pakistan
    Masjid terbesar di posisi selanjutnya adalah Masjid Faisal. Masjid ini berada di Islamabad yang sekaligus menjadi Ibukota Negara Pakistan. Nama Masjid ini sendiri diambil dari nama raja Arab Saudi yakni Faisal bin Abdul Aziz. Beliau juga sebagai sumber dana bangunan Masjid ini. Masjid Faisal ini pernah di juluki sebagai Masjid Terbesar di dunia pada tahun 1986-1993, memiliki 4 menara yang masing-masing mempunyai tinggi hingga mencapai 80 meter dan berdiameter sebesar 10 meter. Masjid Faisal ini dapat menampung jemaah hingga 300.000 jamaah.


  • 7. Masjid Badshahi – Pakistan
    Masih di negara Pakistan, Masjid Terbesar selanjutnya adalah Masjid Badshahi. Masjid besar ini dapat menampung jamaah hingga 100.000 jemaah. Masjid ini juga diklaim sebagai Masjid terbesar kedua di Negara Pakistan dan Asia Selatan. Hal yang unik lainnya dari Masjid ini adalah, dimana Masjid Badshashi ini memiliki lapangan halaman yang sangat luas, bahkan luas halaman Masjid ini pernah diakui sebagai halaman Masjid terbesar di dunia. 


  • 8. Masjid Syekh Zayed (Uni Emirat Arab)
    Masjid Terbesar di peringkat ke delapan adalah Masjid Syekh Zayed. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di Uni Emirat Arab. Nama dari Masjid ini diambil dari nama pendiri masjid yanki Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang sekaligus sebagai presiden pertama di negara tersebut. Kapasitas yang dapat ditampung Masjid ini adalah sekitar 40.000 jamaah. 


  • 9. Masjid Jami' Delhi – India
    Masjid Jami' Delhi yang berada di kota New Delhi. Masjid ini juga merupakan Masjid tertua yang berada di Negara India. Jika dilihat dari sejarahnya, Masjid ini didirikan oleh seseorang yang sekaligus pendiri dari Taj Mahal yakni Kaisar Mughal Shah Jahan. Untuk kapasitas yang dapat ditampung oleh Masjid ini yakni sebesar 35.000 jamaah. 


  • 10. Masjid Baitul Mukarram – Bangladesh
    Masjid terbesar selanjutnya adalah Masjid Baitul Mukarram. Masjid yang berada di Negara Bangladesh ini atau lebih tepatnya berada di Dhaka Ibukota Negara Bangladesh berdiri sejak tahun 1960. Masjid ini dapat menampung kapasitas jemaah hingga 30.000 jamaah. 



  • Demikianlah 10 Masjid Terbesar di Dunia. Jika anda sedang berlibur kesalah satu negara diatas, maka tidak ada salahnya untuk sudih mampir berkunjung ke Masjid-Masjid Terbesar yang telah disebutkan diatas tadi.(Baca Juga : Orang Terkuat di Dunia)


    0 Komentar untuk "Top 10 Masjid Terbesar di Dunia"

    Back To Top