Top 10 Hewan Terkecil di Dunia

Top 10 Hewan Terkecil di Dunia - Di Dunia ini, Hewan merupakan salah satu makhluk hidup dengan keanekaragaman yang sangat bervariasi. dari yang besar hingga yang kecil, dari yang berbahaya sampai yang jinak. Semua memiliki ciri khas dan kemampuan untuk bertahan hidupnya masing - masing. Hewan dengan tubuh ukuran besar pastinya menggunakan kekuatan fisiknya untuk bertahan hidup di bumi ini. lalu bagaimana dengan hewan dengan ukuran kecil? Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa informasi mengenai hewan terkecil di dunia pada artikel di bawah ini.

1. Pygmy Jerboa - Tikus

Merupakan species tikus terkecil di dunia. walaupun kecil, binatang pengerat kecil ini mampu berlari hingga kecepatan 15 mil/jam.

2. Paedocypris Progenetica - Ikan

Ikan terkecil ini dapat anda jumpai di sumatera. ikan ini sangat rapuh dan berukuran sangat kecil yaitu 7,9 milimeter. Memiliki tubuh bewarna transparan dan teranam punah.

3. Wolfi - Gurita

Species gurita terkecil di dunia yang ditemukan sejak tahun 1913. berbeda dengan gurita dengan ukuran normal, gurita kecil ini tidak dapat menyemprotkan tinta sebagai alat perlindungan dirinya. Panjangnya hanya 1,5 cm dan ditemukan di Samudera Indo-pasifik.

4. Brookesia Micra - Bunglon

Buglon terkecil ini memiliki panjang hanya 29 milimeter dan ditemukan di Madagascar pada februari tahun 2012 silam. Sulit deitemukan karena ukurannya yang sangat kecil.

5. Speckled Padloper - Kura-kura

Salah satu species kura - kura asli afrika selatan yang terancam punah. merupakan kura - kura terkecil di dunia dengan ciri khas bintik pada cangkang dan memiliki lima jari pada kaki depannya.

6. Kitti Hog-nosed - Kelelawar


Hewan terkecil di dunia selanjutnya adalah kelelawar terkecil ini biasa juga disebut dengan bumblebee bat. seperti kelelawar pada umumnya, bumblebee bat hidup di dalam gua gelap dengan rata - rata 100 populasi di dalam gua tersebut. termasuk spesies kelelawar yang hampir punah di thailand.

7. Pygmy Marmoset - Monyet


Monyet terkecil di dunia ini dapat anda temukan di ekuador dengan rata - rata panjangnya hanya 15 cm. Monyet ini senang hidup berkelompok dan mampu bertahan hidup di alam liar 11 - 12 tahun namun dapat bertahan hidup hingga 20 tahun jika hidup di dalam kebun binatang.

8. Boo - Anjing

Anjing dengan ukuran 10 cm ini tampak sekilas terlihat seperti boneka. Merupakan anjing terkecil di dunia yang merupakan species cihuahua. berbeda dengan anjing lainnya, anjing yang juga punya nama lain Mr. Boo ini hanya makan ayam kalkun dan kacang polong saja

9. Leptotyphlops Carlae - Ular

Species ular terkecil di dunia, dilihat sekilas lebih mirip cacing ketimbang seekor ular. Salah satu hewan yang terancam punah, selain faktor lingkungan ular ini terancam punah karena setip bertelur ular ini hanya mengluarkan 1 telur dengan ukuran anakan yang jauh lebih kecil.

10. Thumbelina - Kuda

Kuda imut ini sudah sangat dikenal publik di belahan bumi ini. Kuda paling kecil didunia ini hanya memiliki tinggi 43 cm dan bobot hanya 26 kg. Kuda ini dilahirkan pada tahun 2001 silam.(Simak: 10 Tank Tercanggih di Dunia)


Tag : di dunia, hewan
0 Komentar untuk "Top 10 Hewan Terkecil di Dunia"

Back To Top