Top 10 Negara Terkecil di Dunia

Top 10 Negara Terkecil di Dunia - Jika anda mempunyai anggapan, bahwa suatu Negara pastilah mempunyai batas wilayah yang luas. Maka anggapan tersebut tidaklah benar. Karena ada sebuah Negara di Dunia ini yang mempunyai luas wilayah hanya sekitar 300 km persegi saja, kalo dihitung dari perbandingannya hanya sekitar ½ dari luas kota Jakarta. Negara dengan luas terbatas tersebut, lalu bagaimanakah dengan jumlah penduduk, perekonomian, system pemerintahan dan factor-faktor penunjang berdirinya suatu Negara pada negara terkecil tersebut. Untuk mengetahuinya, simaklah informasi 10 Negara Terkecil di Dunia di bawah ini.

          1.       Vatikan
    Vatikan tercatat sebagai Negara Terkecil di Dunia. Dengan total luas wilayah yang hanya sekitar 0,44 km persegi. Negara yang mempunyai nama resmi State of the Vatikan City ini hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 500 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 1.877/km persegi. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus serta otoritas pusat gereja Katolik.

    10 Negara Terkecil di Dunia
        
          2.       Monako
    Negara terkecil selanjutnya adalah Monako. Negara yang beribu kota di Monaco-Ville ini hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 31.000 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 16.329/km persegi. Negara terkecil ini hanya mempunyai luas wilayah sekitar 1,95 km persegi.


          3.       Nauru
    Negara Terkecil selanjutnya adalah Nauru. Dengan luas wilayah yang hanya sekitar 21 km persegi. Negara kecil ini sesungguhnya tidak mempunyai Ibukota, namun sebuah kota kecil yakni Yaren diakui secara defacto menjadi Ibukota dari Negara kecil ini. dengan luas wilayah yang terbatas, namun Negara ini mempunyai jumlah penduduk yang besar. Tercatat pada tahun 2010 Negara Nauru ini mempunyai jumlah penduduk sekitar 10 juta jiwa dengan total kepadatan penduduk mencapai 621 km persegi.


          4.       Tuvalu
    Negara terkecil selanjutnya adalah Tuvalu. Negara ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 26 km persegi. Negara yang merdeka pada tanggal 1 Oktober 1978 ini sejatinya mempunyai jumlah penduduk yang terbilang cukup padat. Jumlah penduduk Negara ini tercatat pada tahun 2010 mencapai 11.000 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 447 km persegi.


          5.       San Marino
    San Marino dengan nama resmi Serenissima Republica berhasil masuk kedalam daftar Negara Terkecil di Dunia. Luas wilayahnya yang hanya mencapai 61,2 km persegi ini dengan total keseluruhan penduduk yang mencapai 31.000 jiwa dan tingkat kepadatan sebesar 471 km persegi membuat Negara ini termasuk kedalam Negara yang berpenduduk padat.   
         

          6.       Liechtenstein
    Negara terkecil di posisi selanjutnya adalah Liechtenstein. Negara yang beribukota di Vaduz ini mayoritas warga negaranya beragama Kristen. Liechtenstein hanya memiliki luas wilayah sekitar 160 km persegi. Dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang pesat, Liechtenstein termasuk kedalam Negara yang berpenduduk padat.


    7.    Kepulauan Marshall
    Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Kepulauan Marshal. Negara kecil yang terletak di Saudera Pasifik ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 181,3 km persegi. Walau luas Negara ini sangatlah kecil namun pertumbuhan penduduk di Negara ini sangatlah pesat. Tercatat pada tahun 2010 lalu Negara ini mempunyai jumlah penduduk sebesar 54.400 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 325 km persegi. Catatan buruk dari Negara ini, dimana Amerika Serikat pernah melakukan uji coba nuklir di kepulauan ini, alhasil banyak penduduk sekitar terkena dampak radiasi nuklir akibat uji coba tersebut. hingga kini klaim kompensasi akibat hal tersebut masih berlangsung hingga saat ini.


          8.       Saint Kitts dan Nevis
    Negara terkecil selanjutnya adalah Saint Kitts dan Nevis. Negara ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 269 km persegi. Pertumbuhan penduduk yang pesat membuat Negara ini termasuk kedalam Negara berpenduduk padat.


          9.       Maladewa
    Maladewa sebuah negara kecil yang berbentuk kepulauan. Negara yang terletak di benua Asia ini memiliki luas wilayah sekitar 298 km persegi. Negara kecil berkepulauan ini juga mempunyai pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Tercatat pada tahun 2010 lalu negara ini mempunyai jumlah penduduk hingga mencapai 313.900 jiwa dengan tingkat kepadatan sebesar 1.163 km persegi. Negara yang Mayoritas berpenduduk Islam ini juga memiliki beberapa resort wisata yang sangat terkenal di dunia.


          10.     Malta
    Negara terkecil di posisi terakhir adalah negara Malta. Republic of Malta begitulah nama resmi dari negara ini. Negara yang terletak di kepulauan di Eropa Selatan ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 316 km persegi. Walau mempunyai luas wilayah yang sempit, namun negara ini menjanjikan resort-resort wisata yang indah, maka dari itu banyak sekali warga negara Eropa khususnya berkunjung ke Negara Malta ini hanya untuk menikmati resort indah yang di tawarkan di Negara Malta ini.



Itulah 10 Negara Terkecil di Dunia yang dapat kami paparkan kepada semua pembaca topdidunia kali ini. Semoga Bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sekalian.(simak juga : Negara Terindah di Dunia)


Tag : di dunia, tempat
0 Komentar untuk "Top 10 Negara Terkecil di Dunia"

Back To Top